30 TEHNIK MENINGKATKAN BLOG ANDA

Belajar SEO sangatlah penting untuk webmaster dan blogger. Kenapa? Karena tidak peduli seberapa besar konten di situs Anda, Anda tidak akan menemukan semuanya dalam hasil pencarian jika Anda tidak menerapkan teknik SEO. SEO membuat konten Anda terlihat di dunia luar. Oleh karena itu, agar konten Anda membawa lalu lintas yang besar, Anda perlu SEO. Khusus untuk Blogger, tapi bukan berarti Anda tidak dapat menerapkan ini di platform lainnya. Baiklah mari kita pelajari!

1.  Memilih Topik dengan Cerdas

Memilih topik posting adalah bagian paling penting untuk menciptakan konten. Topik yang Anda pilih harus sesuai dengan apa yang pengunjung Anda inginkan. Ini harus unik dan asli, serta harus menawarkan sesuatu yang bernilai bagi pengguna. Kemudian, saat Anda membuat postingan, Anda harus bertanya pada diri Anda sendiri beberapa pertanyaan tentang topik dan konten (lihat nomor 20 di bawah ini).
2.  Memeriksa Kompetisi yang Ada
Periksalah ini selalu untuk melihat apa yang pesaing Anda lakukan, topik apa yang mereka posting, strategi apa yang mereka gunakan, dan yang paling pentig apa yang sedang tren di situs web mereka. Saya tidak mengatakan bahwa Anda harus meng-copy-nya. Tetapi mencari petunjuk sebelum menulis dengan ide-ide di konten Anda sendiri.
3.  Memeriksa Konten Terbaru
Pastikan Anda mengikuti tren dan berita terbaru di berbagai jejaring sosial. Menulis tentang apa sang sedang panas dibicarakan. Menulis tentang tren terbaru tidak hanya akan membawa banyak pembaca, tapi juga memberitahu search engine bahwa website Anda itu dinamis dan menyediakan konten yang segar dan terbaru untuk para pengguna internet.
4. Memerikasa Keyword Sebelum Posting
Jadi, Anda telah memutuskan untuk menulis tentang sesuatu. Tapi Anda sedang mencari kata-kata untuk menjelaskan? Anda harus belajar bagaimana untuk melakukan penelitian kata kunci. Anda akan membutuhkan kata kuncu untuk berbagai hal yang berbeda seperti judul, meta description, tag, dan sebagainya. Periksalah artikel-artikel ini dan orang lain untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal itu.
5.  Perbedaan antara Penulis dan Blogger
Seorang blogger yang baik mungkin menjadi penulis yang baik, tetapi untuk sebaliknya tidak selalu benar. Seorang penulis yang baik mungkin tahu bagaimana menulis untuk pembaca, tapi blogger juga tahu bagaimana menulis untuk mesin pencari. Untuk menjadi blogger yang baik Anda perlu untuk mengadopsi gaya teknis penulisan, melakukan pendekatan yang konsisten, dan banyak lagi. Silahkan Anda lakukan itu. Silahkan periksa postingan ini.
  • Rahasia Blogger Profesional Menulis Konten Yang Berkualitas
6.  Batas Kata Penulisan
Tidak adak hal seperti itu untuk postingan blog. Ini murni tergantung pada jumlah posting yang Anda publikasikan dan topik posting. Namun para ahli SEO setuju pada minimal 300 kata pada setiap postingan untuk menghindari hukuman. Kami akan merekomendasikan Anda kisaran rata-rata 500-700 kata, karena itu tampaknya menjadi angka ajaib untuk pembaca. Tidak terlalu pendek sehingga Anda tidak kehilangan hal-hal penting untuk dituliskan.
7.  Judul Adalah Raja!
Judul adalah bagian paling penting dari sebuah posting blog karena itu adalah salah satu yang merangsang pembaca untuk mengklik tulisan Anda. Mengoptimalkan judul postingan perupakan bagian penting dari menjadi seorang blogger yang baik. Periksalah blog ini untuk mempelajari itu semua agar Anda memiliki judul yang disukai mesin pencari.
8.  Optimalkan Permalink
Gunakanlah permalink yang pendek saja. Gunakanlah custom permalink sekitar 5-6 kata maksimalnya dan memisahkan setiap kata dengan tanda hubung "-". Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang paling penting dalam permalink (kata kunci fokus Anda).
9.  Kata Kunci Pada Paragraf Awal
Setelah Anda menemukan kata kunci yang cocok, gunakanlah mereka semua dalam paragraf pengantar Anda. Tidak peduli berapa banyak kata kunci yang Anda ingin gunakan tapi setidaknya Anda menampilkan sekali dalam paragraf pembuka Anda. Maka dari itu kata kunci yang baik sangatlah penting bagi search angine.
10. Heading dan Subheading
Selalu gunakan kombinasi dari heading yang berbeda. Biasanya judul blog itu adalah H1, jangan pernah gunakan itu. dan judul blog adalah H2. beberapa sumber menyarankan jangan menggunakan itu. Untuk sebagian besar menggunakan kombinasi H3 dan H4 dalam postingan Anda untuk menentukan hirarki yang jelas dalam konten Anda.
  • Mengoptimalkan Judul Postingan Blog
11. Typography
Tipografi mengacu pada styling konten Anda. Hal ini hampir sama pentingnya dengan konten itu sendiri. Cobalah untuk menggunakan warna heading yang berbeda, menggunakan teks miring dan tebal untuk menekankan kata kunci Anda. Setelah Anda selesai menulis konten semuanya, blok semua teks dengan menekan Ctrl + A kemudian buatlah rata kanan kiri agar teks terlihat rapi. Jadi intinya adalah mengatur teks pada konten Anda agar terlihat indah dan enak dipandang mata, itu!

12. Meta Description
Meta description adalah bagian kedua yang paling penting dari postingan Anda (setelah judul postingan), karena pengguna akan melihat apa yang muncul di mesin pencari (bersama dengan judul Anda). Tulislah deskripsi yang sangat singkat paling tidak 170-180 karakter dan pastikan untuk memasukkan semua kata kunci penting di dalamnya.

13. Inter Link
Setiap posting di blog Anda harus memiliki internal link ke posting lain yang relevan. Ini adalah salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan peringkat blog. Cobalah untuk membuat setidaknya dua link internal dalam paragraf pembuka dan setidaknya satu atau dua lagi di bagian lain dari paragraf lain. Untuk lebih detailnya silahkan baca postingan berikut.
  • Aktifkan Postingan Lama Untuk Meningkatkan Traffic

14. Hati-hati dengan Anchor Teks
Anchor teks adalah teks yang diberi link yang Anda gunakan untuk menghubungkan ke halaman lain, dan itu yang akan di klik oleh pengunjung dan mengarah ke halaman postingan lain. Memilih anchor teks adalah bagian yang sangat penting dari teknik linking. Jangan gunakan satu kata anchor teks. Gunakanlah frase! Biasanya sebuah frase tiga kata adalah pilihan yang terbaik. Usahakan menggunakan frase kata kunci sebagai anchor teks.

Perlu diingat untuk tidak pernah menggunakan anchor teks yang sama dua kali untuk link yang sama. Hal ini bisa dianggap sebagai keyword stuffing dan atau spamming.

15. Nofollow VS Dofollow Link
Sebuah atribut nofollow pada sebuah link akan memberi tahu search crawler untuk tidak "mengikuti" link tersebut. Pertama-tama, jika Anda me-link ke halaman eksternal, selalu hubungkan ke halaman yang memiliki peringkat lebih baik dari Anda. Tapi jika Anda harus me-link ke halaman berkualitas rendah, selalu beri atribut rel="nofollow". Tapi jangan pernah melakukan hal ini untuk situs-situs terkemuka seperti Google, Wikipedia, dan lainnya terutama ke halaman Anda sendiri.
  • Tag Nofollow Untuk Eksternal Link

16. Gunakan Konten Visual
Gambar, video, infografik, animasi, adalah hal-hal yang berperan sebagai bumbu konten Anda. Jika Anda memiliki video yang berhubungan dengan konten Anda, itu bagus. Jika tidak, cobalah untuk menyertakan setidaknya satu gambar dalam postingan blog Anda. Tergantung pada topik, Anda dapat menambahkannya lebih banyak. Tapi pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak, jika terlalu banyak maka konten tekstual akan terkesan mati.

17. Memberi Nama pada File dan Gambar
Sebelum meng-upload video, audio, atau file gambar, pastikan selalu untuk mengubah nama file-file itu. Gunakan kata kunci yang bermakna dan memisahkannya dengan tanda hubung. Dengan cara ini, pengunjung dan mesin pencari dapar memberitahu apa file tersebut hanya dengan path file-nya.

18. Optimalkan Gambar Sebelum Upload
Misalkan Anda ingin menampilkan gambar dengan lebar 500 px dan tinggi 300 px. Tidak ada gunanya mengunggah gambar berukuran 1200x720. Ini akan memakan ruang pada server Anda dan waktu rendering akan semakin lama. Lakukan peng-editan sebelum Anda meng-upload gambar.

19. Image Text dan Alt Text
Selalu menandai foto dengan Judul dan Alt teks. Dan selalu menggunakan kata kunci yang relevan. Kami telah menyusun postingan untuk Anda mengenai optimasi gambar. Silahkan Anda pelajari terlebih dahulu.

20. Bertanyalah Pada Diri Anda Tentang Konten Anda
Jika Anda telah membuat konten yang benar-benar mengagumkan, Anda perlu bertanya pada diri Anda sendiri beberapa pertanyaan di bawah ini. Jika jawabannya untuk semua pertanyaan di bawah ini adalah TIDAK, maka ada sesuatu yang salah dengan konten Anda.
  • Apakah konten sudah masuk akal?
  • Apakah sudah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik?
  • Apakah konten yang Anda buat bermanfaat?
  • Apakah ini asli/ orisinil buatan Anda sendiri?
  • Apakah sudah layak untuk dipublikasikan?
  • Apakah bahasan sudah mendetail?
  • Apakah ada konten visual seperti gambar atau video?
  • Apakah ada contoh, referensi, ide-ide yang unik?
  • Apakah cukup interaktif untuk pembaca?
  • Apakah sudah dapat menjawab pertanyaan pengunjung mengenai pengalaman mereka?

21. Label Blog
Aturlah struktur blog Anda menjadi serangkaian Label (atau tag dan kategori jika Anda menggunakan WordPress). Gunakan setidaknya satu dan maksimal tiga label untuk satu postingan blog Anda. Pertahankan jumlah label keseluruhan antara 15-20 saja.
22. Sinkronisasi Posting dengan Traffic
Jangan mempublikasikan posting jika Anda belum menyelesaikannya. Selalu jadwalkan posting untuk tepat pada waktunya. Misalnya, memantau statistik lalu lintas dan melihat kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan jumlah lalu lintas yang banyak. Setelah itu Anda pikirkan untuk memposting di sekitar waktu itu. Tapi cobalah untuk konsisten tentang waktu Anda. Pilihlah waktu dimana sedang banyak-banyaknya lalu lintas misalkan di siang hari disaat jam istirahat orang-orang atau sore hari di saat jam santai orang-orang. Karena pada waktu itu banyak pengguna internet yang sedang aktif.
23. Frekuensi Posting
Tidak ada batasan ketika membicarakan masalah frekuensi. Tapi semakin banyak, semakin baik. Cobalah untuk bersaing dengan minimal satu postingan per hari, jika bisa. Anda juga dapat menulis sebanyak yang Anda bisa per hari. Tidak ada batas. Anda bahkan dapat menulis seratus kali jika Anda mampu. :) hehehe...
24. Membuat Sitemap
Sitemap adalah daftar dari semua halaman di situs Anda. Sering kali crawler pencarian mungkin kehilangan halaman karena Anda mungkin tidak terkait dengan itu di halaman lain. Jadi untuk memberitahu mesin pencari untuk mengindeks halaman yang terisolasi, Anda harus mengirimkan sitemap ke mesin pencari.
25. Waktu Loading Blog
Waktu loading blog juga penting dan terasa user-friendly. Semakin lambat sebuah loading blog, semakin banyak pengunjung cenderung untuk meninggalkan blog Anda sebelum halaman Anda ditampilkan semuanya. Jadi berusahalah untuk menjaga waktu loading blog Anda secepat mungkin tapi tetap mempertahankan keindahan template Anda. Berikut adalah postingan yang mungkin ingin Anda baca.
  • Modifikasi Blog Agar Memiliki Loading yang Optimal
  • Tips Penting Mengurangi Waktu Loading Blog
26. Sitelink
Sitelink muncul pada blog yang memiliki PR 2 atau di atasnya dan mereka adalah kumpulan link di blog Anda yang muncul dalam hasil pencarian Google. Itu membuat blog Anda terlihat lebih profesional. Singkat saja penjelasan ini karena jari saya sudah lelah mengetik.
27. Widget Social Bookmark
Tambahkan widget social bookmark di blog Anda untuk meningkatkan peringkat blog Anda. Seacrh Engine suka kalau dia menemukan link ke profil jejaring sosial Anda. Selain itu, widget tersebut memudahkan pengunjung untuk berbagi konten Anda kepada orang lain.
  • Memasang Tombol Share yang Elegan
28. Directory Submission
Mengirimkan blog Anda ke direktori seperti DMOZ akan meningkatkan jumlah backlink yang Anda miliki, dan pada gilirannya akan meningkatkan peringkat blog Anda.
29. Perhatikan PageRank Anda
PageRank adalah cara Google memberikan peringkat pada situs web. Semakin tinggi PR Anda, semakin baik Anda memiliki kesempatan masuk ke hasil pencarian dan semakin cepat tingkat indeks blog Anda.
  • Meningkatkan Peringkat Situs Blog
30. Menghindari Hukuman SEO
Pada akhirnya Anda harus menghindari taktik kotor SEO untuk meningkatkan peringkat situs. Selalu gunakan teknik yang SEO friendly untuk menghindari hukuman algoritma Google. Periksalah postingan berikut ini untuk info lebih lanjut.
  • Strategi SEO Untuk Menghindari Hukuman Google Panda
  • Menghindari Hukuman Google Penguin
Nah, itu saja postingan saya seputar teknik SEO yang harus diterapkan oleh setiap blogger untuk memajukan blog Anda. Karena jari-jari saya sudah mulai keriting maka saya sudahi postingan ini dengan ucapan Hamdalah dan terimakasih. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share sobat. :)

SUMBER: http://d-genera.blogspot.com

Popular posts from this blog

RUMAH SAKIT UNTUK PESERTA BPJS YANG NYAMAN

Nyaman Berenang di Kolam Renang Damai Indah Golf BSD