15 RAHASIA JITU BLOGGER DALAM MENULIS

Apakah Anda seorang penulis? Apakah Anda berusaha keras untuk menulis artikel tapi masih tidak mendapatkan respon dan feedback dari pengunjung? Apakah Anda sudah melakukan research selama berjam-jam dan memandaatkan otak Anda secara maksimal dan masuh belum mampu menghasilkan sepenggal tulisan yang efektif?
Mungkin Anda belum berfokos pada hal-hal yang harus Anda fokuskan. Biarkan dalam artikel kali ini kami bisa memberitahu Anda beberapa tips untuk menghasilkan tulisan. Dan ini mungkin yang juga biasanya digunakan oleh blogger profesional dalam membuat tulisan yang efektif. Jadi, silahkan Anda simak 15 rahasia untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda secara substansial:

1.  Merancang Judul yang Menggoda Pembaca
Oke, katakanlah Anda menulis sebuah artikel yang luar biasa. Jadi, apa yang akan mendorong pembaca datang kepada Anda? Kontenkah? Definisi/ penjelasan yang Anda berikan? Gambarkah? TIDAK! Itu adalah judul yang akan menghasilkan sebuah klik dari pengunjung. Apabila Anda merancang judul yang tidak menarik dan terkesan membosankan, maka pengunjungpun juga langsung akan meninggalkan tulisan Anda sebelum membacanya. Maka dari itu, buatlah judul yang merangsang pengunjung untuk membaca tulisan Anda. Judul harus singkat namun menarik dan menggoda sehingga menarik pengunjung untuk membaca artikel Anda.
2.  Paragraf Pembuka yang Menarik
Setelah merangkai judul dan mendapatkan pengunjung, langkah selanjutnya adalah membuat paragraf pembuka yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran pembaca Anda. Karena paragraf ini yang bisa mempengaruhi pembaca untuk terus membaca tulisan Anda hingga akhir. Intro memiliki banyak tujuan dan Anda dapat secara efektif memenuhinya dengan menulis kalimat yang menarik. Biasanya setiap pengunjung akan membaca tulisan bagian awal dulu, sehingga apa yang tertulis di sana menentukan apakah ia akan membaca artikel lebih lanjut atau tidak. Paragraf pembuka ini harus pendek tapi menarik.
3.  Menulis Dengan Gaya Informal, Jika Memungkinkan
Jika website Anda buka website yang formal, silahkan buat tulisan yang informal dan santai. Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat menyampaikan pesan Anda, tetapi juga dapat mengatasi pembaca dengan cara yang ramah yang secara alami mudah untuk ditulis dan mudah untuk dibaca. Selain itu, Anda tidak bisa dengan jelas mengekspresikan pendapat Anda jika Anda menulisnya dengan formal. Jadi buatlah gaya bahasa Anda yang informal dan menarik.
4.  Research, Research, dan Research...
Jika Anda adalah spesialis penulis weblog online, penelitian adalah kunci untuk menghasilkan sepotong tulisan yang efektif. Daripada membuang-buang waktu Anda di Facebook dan Twitter (atau apapun), cobalah untuk meneliti tentang tren terbaru dan kemajuan dalam bidang keahlian Anda (mungkin juga niche blog Anda). Ini akan membantu Anda dalam menulis konten yang akurat dan efektif dan juga akan meningkatkan pengetahuan Anda tentang subjek.
5.  Beristirahatlah Saat Menulis
Anda tidak harus hanya duduk di depan layar komputer dan terus menulis selama berjam-jam untuk menyelesaikan sebuah artikel. Otak yang Anda punya butuh istirahat. Beristirahatlah dengan cukup sering saat menulis untuk menjaga otak Anda tetap terbuka dan segar. Ini akan membuatnya lebih fokus pada konteks dan membantu Anda menulis lebih baik dan jauh lebih baik.
6.  Jagalah Emosi Anda Baik-baik
Saat menulis, pastikan bahwa pikiran Anda merasa santai, terbuka, dan bebas dari stres. Jika Anda marah, sedih, atau perasaan yang tidak menyenangkan, jangan menulis saat itu. Menulislah ketika otak Anda bebas dari tekanan seperti itu dan ketika itu Anda akan mendapat fokus untuk menghasilkan beberapa konten yang berkualitas baik. Juga, Anda tidak dapat dengan jelas mengungkapkan pikiran Anda dalam menulis jika Anda merasa stres, maka santailah.
7.  Jangan Bertele-tele Kawan!
Jangan pernah berpikir bahwa pembaca Anda memiliki banyak waktu untuk membaca tulisan Anda. Menulislah dengan cara yang terfokus dan tidak menyimpang dari subjek. Anda mungkin ingin meningkatkan jumlah kata dengan menyebutkan contoh-contoh yang tidak perlu, tapi itu malah tidak penting. Menulislah singkat tapi akurat dan jangan buang waktu pembaca dalam bertanya-tanya tentang apa yang Anda tuliskan.
8.  Membuat Tulisan Anda 'Robot-friendly'
Anda mungkin sudah tahu tentang berbagai teknik SEO yang bisa membuat lebih banyak pengunjung. Yah, mereka pasti bekerja. Coba tambahkan berbagai kata kunci/ keyword yang akan membuat artikel Anda menonjol di antara robot mesin pencari. Tambahkan kata kunci dalam judul, intro, dan penutupan untuk manfaat maksimal dari trik.
9.  Jangan Berfokus Hanya Pada Robot
Kata kunci memang sangat penting untuk meningkarkan hasil pencarian. Tapi jangan penuhi tulisan Anda dengan banyak sekali kata kunci, banyaknya kata kuncu akan membuat tulisan Anda tidak berguna. Gunakan kata kunci yang penting, jangan lupa bahwa pembaca Anda adalah manusia. Batasi kata kunci untuk judul, paragraf pembuka, dan penutup, itu saja sudah cukup. Dengan begitu Anda akan menghasilkan tulisan yang tetap efektif baik untuk pembaca dan robot.
10. Jujur!
Kejujuran adalah kebijakan yang terbaik! Perlu diingat bahwa artikel Anda akan dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia dan jangan sekali-kali Anda menyesatkan mereka dengan menulis sesuatu yang tidak benar. Buatlah tulisan yang akurat dan jujur ​​dalam apa yang Anda tulis. Anda akan menyesal jika tulisan yang Anda buat dan telah dibaca banyak orang ternyata adalah tulisan palsu. Pastikan Anda tidak pernah melakukan hal itu.
11. Menulis Dengan Gaya yang Unik
Menulislah seperti Anda sedang berbicara menggunakan bahasa Anda sendiri. Lupakan mengenai tata bahasa dan hal-hal kecil lain kecuali Anda menulis artikel berbahasa Inggris. Meniru gaya bahasa orang lain saya pikir cukup sulit dan tidak perlu untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu untuk lebih berupaya pada gaya daripada konten. Seperti saya sebutkan sebelumnya, Anda harus menulis informal dan dalam nada Anda sendiri sehingga dapat menyampaikan pesan dengan jelas.
12. Pendekatan Subjek dari Aspek yang Unik
Ada berbagai materi yang dapat mencakup topik Anda, terutama review mengenai teknologi. Anda dapat mengambil satu aspek dari subjek itu dan kemudian Anda korek-korek di dalamnya. Tapi pastikan aspek yang Anda pilih adalah sesuatu yang unik dan menarik. Setelah memilih topik, silahkan Anda jabarkan dalam tulisan Anda dan tetap berfokus pada aspek itu. Jika misalkan Anda menulis tentang smartphone, silahkan Anda bahas semua hal tentang smartphone saja dan jangan sampai menyimpang.
13. Memperhitungkan Jumlah Kata yang Anda Gunakan
Meningkatkan jumlah kata berarti meningkatkan detail yang Anda berikan. Kedalaman tulisan harus langsung berhubungan dengan kata-kata yang Anda tulis. Menulis 1000 kata hanya untuk memberikan gambaran singkat dari sebuah perangkat adalah upaya gagal untuk menulis konten yang efektif. Memberikan terlalu banyak detail di posting pendek dan memberikan detail singkat dalam posting besar adalah dua hal yang Anda harus hindari. Anda harus menentukan kedalaman tulisan Anda dengan jumlah sasaran kata.
14. Mengoreksi dan Mengedit Tulisan
Tidak ada orang jenius yang dapat menghasilkan tulisan tanpa kesalahan sama sekali. Kesalahan dapat ditemukan ketika Anda mengkoreksi hasil tulisan yang Anda buat. Mengoreksi juga membantu Anda dalam menentukan apakah Anda melewatkan sesuatu sehingga kemudian Anda dapat menambahkannya. Tulisan yang buruk akan menjadi sangat baik jika Anda melakukan editing dengan cemerlang.
15. Fokuslah Pada Bagian Penutup Juga
Setelah Anda selesai menjelaskan apa yang Anda butuhkan, tulislah paragraf penutup yang tepat dan baik. Hal ini sebenarnya di mana Anda dapat berinteraksi dengan pengguna dan memberikan mereka sentuhan di akhir atau memberitahunya apa yang harus dilakukan selanjutnya. Buatlah satu paragraf yang tepat karena sebagian besar pembaca biasanya melompat langsung dari pembuka ke penutup untuk melihat apa yang Anda simpulkan di sana.

Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda! Terimakasih. Salam sukses!!
SUMBER:  http://d-genera.blogspot.com

Popular posts from this blog

RUMAH SAKIT UNTUK PESERTA BPJS YANG NYAMAN

Nyaman Berenang di Kolam Renang Damai Indah Golf BSD