APAKAH PERENANG MENGALAMI DEHIDRASI?

Berenang seperti halnya berlari, walaupun bergerak di dalam air tubuh tetap melakukan pembakaran dan membutuhkan air.

Ketika suasana memanas di siang hari dan keringat keluar dari sekujur tubuh kita. Kalian membayangkan  nikmatnya menjadi seorang perenang,  bisa dikelilingi air dimana-mana segar dan bisa terbebas dari haus.


Tapi tunggu dulu! Berenang tidak sepenuhnya menyenangkan, terkadang olahraga ini menjadi sesuatu yang berat. Dan pastinya si atlit akan merasakan haus jika terus menerus mengayuhkan tangannya dan terus melaju.

Mungkin kita merasa aneh! Mengapa di kelilingi air tapi di dalam tubuh kita malah merasakan haus?


Nah tahu gak ! Apa yang di alami tersebut adalah dehidrasi. Dehidrasi berarti kita telah kehilangan banyak air. Tapi masalahnya, bagaimana tubuh kita kehilangan air ketika ada di air?

Renang adalah olahraga yang cukup sulit. Karena kita ada di dalam air, meskipun tubuh kita sebenarnya mengeluarkan keringat tapi kita tidak menyadarinya. Ini yang membuat semakin parah, kita dehidrasi tapi tidak merasa dehidrasi.

Kemudian alasan yang kedua adalah tubuh kita tidak seperti spons yang bisa menyerap air disekitarnya. Jadi meskipun kita didalam air tetap memakai persediaan air dalam tubuh untuk pembakaran. Maka jika kasus ini terjadi secara terus menerus kita perlu mengganti air yang ada di dalam tubuh kita. Bagaimana? Otot-otot akan menginformasikan pada otak kita dan memberitahukan bahwa kita haus dan perlu minum.

Tapi jangan ceroboh! Berfikir kalian dikelilingi oleh air, lalu meminum air tersebut karena kehausan. Kalian bisa sakit dengan sangat mudah, karena air itu belum steril sepenuhnya.

sumber:http://www.superkidsindonesia.com/

Popular posts from this blog

RUMAH SAKIT UNTUK PESERTA BPJS YANG NYAMAN

Nyaman Berenang di Kolam Renang Damai Indah Golf BSD