sertifikasi petugas p3k menaker pertolongan pertama pool lifeguard safetycode.co.id (7)Setiap menit akan ada pengunjung baru dikolam renang, Tua, muda dan anak anak.
Setiap menit cuaca akan berubah, panasnya terik dan dinginnya hujan. dan terus berubah dan berganti,..
Hanya ada 2 mata yang terjaga, Melihat keseluruh sisi dan tak pernah berhenti
Menjangkau setiap kemungkinan yang akan terjadi,..
Terlihat diam dan hanya mengamati, Jikalau aku, mungkin sudah kebosanan setengah mati
Ada namun tak terasa, namun ketika ia datang seperti ada tanda pasti
Dah lama tidak menulis kisah ala puisi bobrok,…hahahah… Hanya kisah keseharian di kolam renang, setiap akhir pekan saya melatih renang di beberapa kolam renang. sedari pagi hingga sore hari, saya melihat setiap menit akan ada orang yang datang dan pergi dari kolam renang, tua, muda, dan anak anak. mereka datang dengan berbagai alasan. dengan kemampuan yang berbeda.
Tapi ada sosok yang hanya terdiam sedari pagi hingga malam hari, hanya mengamati ke semua penjuru kolam renang.

dialah…..

POOL LIFEGUARD

sertifikasi petugas p3k menaker pertolongan pertama pool lifeguard safetycode.co.id (30) Keberadaan mereka akan sangat penting di kolam renang, baik kolam dangkal maupun dalam. mereka ada tapi pengujung sering mengabaikan mereka.
peran penting seorang POOL LIFEGUARD di negeri ini masih dianggap sebelah mata. Ketika terjadi peristiwa barulah sadar…. mereka berjaga bak CCTV, mengamati dan mengingati siapa saja yang memiliki potensi bahaya. Terkadang ada pengunjung yang tetap acuh dan tidak menggubris peringatan mereka.
Peran penting POOL LIFEGUARD sangat dominan.
Rasanya tak ada mereka berenang jadi tak nyaman.
LIFEGUARD, kamu dimana??…..
kemudian ada pertanyaan yang mendasar di kepala saya.
Di kolam seperti apa POOL LIFEGUARD dibutuhkan?
Saat ini yang terjadi, kita masih beranggapan bahwa. POOL LIFEGUARD dibutuhkan ketika ada kolam umum yang dalam. dimana potensi bahaya ada di kedalaman. sepertinya tidak demikian, menurut saya POOL LIFEGUARD dibutukan di kolam umum berjenis apapun. Kolam dangkal, Dalam, Waterboom, dan lain sebagainya. Karena peran penting seorang POOL LIFEGUARD tidak hanya soal kedalaman.
Tapi potensi apapun yang mengancam pengunjung.
Kolam dangkal pun beresiko kematian, seperti video berikut
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=g0t-QE7dpoI]
Kejadian di kolam dangkal lebih banyak terjadi karena kelalaian pengawasan orang tua yang menganggap anak mereka aman.
Contoh kecil yang sering terjadi dirumah, Anak batita kecendrungan untuk menyukai air. mereka akan berlama lama main di bak air. alhasil banyak di pemberitaan tentang meninggalnya batita karena masuk bak air.
Back to POOL LIFEGUARD, Seorang POOL LIFEGUARD akan menjadi asisten orang tua untuk mengamati anak anaknya. Jika terjadi sesuatu seorang POOL LIFEGUARD akan melakukan tindakan secara cepat dan tepat sesuai dengan prosedur yang standar.
Bagaimana memahami Tugas dan Peran Penting POOL LIFEGUARD ?
Lifeguard : Permisi Ibu, maaf anaknya tolong diperhatikan !!
Ibu : Woles aja kali pak, saya amati dari tadi kok…(sambil main gadget)
atau
Lifeguard : Mas tolong tidak melompat di kolam dangkal !!
Mas : Gak akan tenggelam kali pak….
bila POOL LIFEGUARD mengatakan seperti itu, ada resiko bahaya yang mungkin bisa terjadi.
POOL LIFEGUARD memang ada, tapi pantauannya akan tertuju pada semua pengunjung, apalagi yang memiliki Resiko bahaya. Semakin tinggi dan semakin banyak tingkat bahaya maka akan menjadi pusat perhatian POOL LIFEGUARD….(semoga gak stress pak lifeguardnya)heheehh ….
jika dalam batas tertentu maka POOL LIFEGUARD akan memberi peringatan. jadi Keep Cool and Calm kalo dapet peringatan yah …heheheh
Kemampuan yang HARUS dimiliki seorang LIFEGUARD ??
Tugas seorang POOL LIFEGUARD tidak hanya menyelamatkan korban tenggelam, tapi juga memiliki kemampuan kurang lebih seperti dibawah ini:
1.Memonitor sertifikasi petugas p3k menaker pertolongan pertama pool lifeguard safetycode.co.id (10)semua kegiatan baik yang berada di air maupun di sekitar air
2.Meminimalisir kemungkinan cidera dengan mengurangi benda-benda dan prilaku yang dapat menimbulkan potensi bahay
a
3.Menjalani peraturan fasilitas dan menginformasikan kepada semua orang yang berada dalam fasilitas tersebut
4.Dapat mengenali semua situasi kedaruratan dan cara mengatasinya
5.Dapat melakukan pertolongan pertama temasuk CPR dan spinal management
6.Mampu bekerja sebagai tim bersama dengan sesama penjaga keselamatan maupun dengan semua unsur yang berada di area fasilitas
Saya mendapat artikel yang menarik mengenai POOL LIFEGUARD dari Safetycode ( perusahaan jasa pelatihan yang peduli masalah POOL LIFEGUARD & FIRST AID ), mengenali Karakter Karakter korban tenggelam dan cara pertolongannya.
Salah satu contohnya bagaimana cara mengenali karakter korban tenggelam aktif, banyak yang ingin menjadi penolong ketika ada kejadian tersebut, namun tak ayal malah menjadi petaka bagi si penolong. karena si korban aktif memiliki ketakukan yang lebih dan cendrung membahayakan orang yang ada disekitarnya termasuk penolongnya.
Jika itu terjadi maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah…
1.Dekati dengan memberikan rescue tube terlebih dahulu sambil menjaga jarak.
2.Setelah tenang baru dibawa ke tepi kolam.
Jika tidak ada rescue tub dapat menggunakan alat lainnya….
nah, susah susah gampang jadi POOL LIFEGUARD kan…!! oia, menjadi seorang POOL LIFEGUARD perlu pelatihan khusus, jadi tidak sembarang orang bisa menjadi Lifeguard.
ada yang berminat jadi LIFEGUARD???
 
sumber foto : www.safetycode.co.id