uitemate-teknik-mengambang-didalam-airUITEMATE  adalah Teknik mengapung yang memiliki arti salah satu cara “mengambang / mengapung dan menunggu”. Teknik mengapung Uitemate ini pertama kali di temukan oleh Bapak Profesor Hidetoshi Saito dari Universitas Teknologi Nagaoka, Jepang.
Teknik Uitemate ini sudah diperkenalkan oleh Professor Saito sejak tahun 2000 dan sudah di ajarkan di berbagai tempat di Jepang, mengingat negara Jepang memiliki resiko bencana alam gempa bumi yang berdampak pada terjadinya Tsunami. Dengan kondisi ancaman tersebut Jepang telah belajar banyak untuk dapat bertahan menghadapi bencana alam.
Faktanya dalam berbagai kasus pada umumnya seseorang yang terjebak di dalam air akan mencoba mempertahankan diri agar tetap berdiri tegak dengan posisi kepala berada di permukaan air untuk dapat tetap bernafas, namun cara ini adalah salah karena jika pada saat evakuasi datang dan korban mencoba untuk menarik perhatian petugas evakuasi dengan melambaikan tangannya maka dengan sendirinya tubuh akan tenggelam kedalam air dan buruknya adalah orang tersebut akan tenggelam dalam hitungan menit. Jadi dengan teknik Uitemate ini korban akan lebih dapat bertahan untuk mengapung sembari menunggu bantuan datang. Teknik mengapung Uitemate memungkinkan kita dapat menghemat tenaga dan tetap bernafas.
“Jangan paksa dirimu untuk berenang, cukup mengambang seperti daun di air” ungkap Yuji Tamura, associate professor di Tokyo University. “Ini metode yang sangat sederhana” tambahnya.
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=C84cri0ygGY&w=560&h=315]
Teknik Uitemate ini sangat perlu untuk anda ketahu dan perlu untuk dilatih. Teknik uitemate ini dapat anda pelajari dan terapkan di kolam renang misalnya. Mari ajarkan teknik ini ke banyak orang. Sebarkan teknik ini kepada rekan / saudara di media sosial FB, Twitter atau Instagram. Karena saya rasa wawasan ini perlu untuk diketahui banyak orang.
Bagaimana Cara Melakukan Uitemate :

  1. Yang pertama jangan panik, dan Posisikan tubuh seperti tidur terlentang
  2. Pada posisi ini, wajah tetap menatap keatas, dengan cara ini hidung kita tetap bisa menghirup udara untuk dapat tetap bernafas
  3. Rentangkan tangan dan kaki (Lihat pada gambar diatas)
  4. Apabila kamu menggunakan sepatu, biarkan sepatu tersebut tetap terpasang karena sedikit banyak akan dapat membantu untuk tetap mengapung
  5. Apabila di tempat terdekat terdapat botol kosong, dekapkan diatas dada
  6. Dan bertahan selama mungkin dengan posisi terapung seperti dijelaskan diatas sambil menunggu bantuan datang.

dilansir dari japanesia.co.id

7 Responses

    1. silahkan coba terlebih dahulu dikolam renang. apakah melakukan seperti itu akan mudah dilakukan setiap orang? pada kenyataannya tidak semua orang bisa melkukan seperti itu.
      semua masih tergantung daya apung masing masing.
      lagi pula. tehnik ini belum di uji oleh badan internasional yang berwenang….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *