Belajar Renang Dewasa
Sang Istri & Sang Suami

Beberapa pekan lalu saya melatih klien renang semi private (2 orang), klien kali ini memiliki motivasi yang baik untuk belajar renang. Tidak sungkan sungkan datang dari Bandung ke Jakarta (Kolam renang Cikini) hanya untuk Belajar Renang. Mereka menyempatkan waktu di akhir pekan untuk mengikuti Program Belajar Renang Untuk Dewasa yang diselenggarakan oleh belajarrenang.com.
Mereka pasangan suami istri yang luar biasa, di pertemuan pertama terlihat sang suami sudah terlihat nyaman dengan air dan sang istri sepertinya masih belum nyaman di air. Sampai pertengahan pertemuan pertama ternyata sang istri mulai nyaman dan sudah dapat emlakukan tehnik nafas dengan baik. Justru sang suami malah belum lancar untuk melakukan tehnik nafas ini. Sampai di akhir pertemuan pertama akhirnya sang suami mulai paham dengan pola nafasnya.
Dipertemuan kedua kami masih mengulang materi pertemuan pertama, setelah itu belajar tehnik dasar renang. Yang paling saya suka ketika akhirnya kita masuk ke kolam dalam, awalnya sang suami yang menegaskan ke sang istri untuk tetap tenang dan santai. Kan ada Mas Kurniawan !! Celotehnya sambil mengajak Sang istri…sang suami yang terlihat tegar melihat kolam dalam sangat nampak, sedang sang istri sedikit pucat. Jelas melihat kondisi seperti ini membuat saya extra siaga..TAPI LAGI dan LAGI setelah masuk kolam dalam ternyata saya kecele,  kesuksesan justru dimiliki sang Istri. Setelah beberapa kali mencoba sang istri terlihat lebih nyaman di banding sang suami.
Pertemuan ketiga kami berlatih di Kolam Citos dipertemuan ini lebih wow lagi, sementara sang istri sudah nyaman bolak balik berenang lebar kolam si sang suami masih tertatih tatih. mesem mesem sang suami kepada istri,…heheheh…Kalah saya dengan istri saya !! ucapnya…
belajar renang untuk dewasa tidak sulit (1)Pertemuan ke empat masih menikmati kolam, kali ini sang suami tidak kalah hebat, renang santai dan nafas sudah mulai bisa dilakukan. Menyusuri kolam dangkal dan dalam dengan gembira…wah, rupanya sudah terlihat tugas saya hampir usai…. Tapi ops, diakhir pertemuan ke empat sang istri mengeluh sakit,..dan beberapa hari setelah itu saya dikabarkan bahwa untuk pertemuan ke lima di undur karena sang istri perlu di rawat di RS. Kemungkinan akan pending beberapa minggu sampai kondisi ibu pulih,…
Sementara itu ternyata sang suami mengabari saudari nya bahwa mereka telah berhasil berenang. Terutama sang istri yang telah dengan cepat bisa berenang,....

” Saya mau berbagi pengalaman latihan bersama pelatih Mas Kurniawan “Just Do It”.
Semoga pengalaman ini dapat menggunggah semangat para pembaca yang belum berani berenang untuk mencoba bergabung dengan program ini dan Insya Allah dengan motivasi yang tinggi anda akan berhasil dan bisa berenang, seperti pengalaman yang telah dituliskan oleh para “alumnus” Swim4Survive. Semua testimoni berisi pernyataan kegembiraannya. Pun dengan saya dan istri yang datang jauh-jauh dari Bandung ke Jakarta (Cikini dan CItos) untuk belajar renang, di bawa bimbingan mas Kurniawan. Dan Alhamdulillah setelah mengikuti 5 kali pertemuan, kami berdua dinyatakan sudah bisa berenang…rasa capai dan pengorbanan waktu dan biaya terbalas sudah.

Bagaimana proses latihannya? ternyata memang berbeda dengan latihan yang pernah saya ikuti ketika masih remaja (dan bisa dikatakan tidak berhasil) maupun dengan metode latihan yang kami saksikan di Citos (selain team swim4survive, di citos juga ada kursus-kursus renang untuk orang dewasa). Yang saya lihat cara mengajarkan renang oleh pelatih renang pada umumnya adalah menyuruh dan menyuruh (sampai kecapaian muridnya), dan dilihat dari raut muka si murid, nampak wajah yang sangat capai dan nafas ngos-ngosan). Hal ini berbeda dengan program latihan di s4s (swim4survive).

1. Diskusi

diskusi dan feedback dari palatih menjadi salah satu kunci sukses program ini. Dalam diskusi, kami diberikan penjelasan tentang pemahaman pentingnya merasa nyaman dengan air melalui perubahan pola pikir, pemahaman tentang kemampuan daya apung (boyence), tentang pengaturan nafas, tentang momentum, tentang “pelampung alamiah yang sudah kita miliki, yaitu paru-paru”

2. Motivasi

Motivasi peserta menjadi salah satu kunci suksesnya program ini. Dan ini yang pertama kali ditanyakan dan didiskusikan. Milikilah motivasi yang kuat, karena pada dasarnya semua bisa berenang. Trust me it’s work

3. Program latihan yang terstruktur

Dalam 4 atau 5 kali pertemuan, program latihan sudah disusun secara sistimatis mulai dari basic sampai gerakan renang (gaya dada). Dan pada umumnya pada pertemuan 2 atau 3, peserta sudah mulai “kaget”….lho…ternyata saya sudah bisa renang. Bahkan ada yang baru pertemuan ke-1 sudah bisa…

4. Perhatian dan Telaten serta sabar

Ini salah satu kelebihan para pelatih di S4S. Mas Kurniawan, yang melatih kami sangat perhatian, telaten dan sabar untuk memberikan feedback, memberikan contoh, dan selalu menyampaikan feedback. Mas Kur ingin muridnya betul-betul menikmati renang, renang dengan santai dan tidak terburu-buru. “bukan kecepatan yang kita cari pak” demikian beliau sering mengingatkan. “Santai…ambil nafas pelan, buang pelan-pelan”..

Itulah catatan yang berhasil kami rekam selama 5 kali pertemuan dan kami berjanji untuk meningkatkan kemampuan dengan cara rutin minimal 1 kali dalam seminggu berolahraga renang.

Semoga catatan ini dapat membuat anda yang masih ragu-ragu menjadi yakin dan bisa dengan mengikuti program ini, Jangan buang waktu dan kesempatan…Kalau tidak sekarang kapan lagi…

Kepada mas Adi, mas Kurniawan dan all pelatih Swim4Survive, kami ucapkan terimakasih telah menyediakan program ini, semoga semakin sukses ke depan, dan makin banyak orang Indonesia bisa berenang sehingga negera menjadi kuat karena warganya sehat-sehat. Aamiin ” 

dan akhirnya saudari mereka tertarik untuk ikut di program ini. Kemudian, Lanjutlah saya berlatih dengan saudari sang suami, panggil saja Mbak ellen dan Mbak dessy, saya menjalani program semi private yang sama dengan hasil yang luar biasa.
dipertemuan kedua mereka sudah saya anggap bisa berenang. Mbak ellen dan mbak dessy bisa menyelesaikan belajar renang untuk dewasa tidak sulit (21)materi dengan cepat yang akhinya disetiap waktu tersisa kami menyempatkan waktu untuk…Narsis & Selfie … hahaha…begitu terus hingga pertemuan ke lima.
Pertemuan ke lima pertemuan yang istimewa karena ada permintaan penggabungan latihan terakhir antara Pak Sudiro & Bu Yossy bersama Mbak Ellen dan Mbak Dessy…Pertemuan yang membahagiakan diantara orang orang yang telah bisa menikmati kolam renang. Saya menjadi orang yang amat senang pada hari itu, karena mereka semua telah berhasil mengikuti Program Belajar Renang Dewasa ini dengan baik. Ini Program yang efektif  yang di beri nama Survival Swimming Program, Program belajar renang khusus dewasa.
Sesi telah berakhir, dan saya mendapat tastimonial dari Mbak Ellen dan Mbak Dessy seperti ini

”  Tau belajarrenang.com sudah lebih dari 1 tahun lalu. Sempet contact dan tanya-tanya ke mas Adi Nugroho, lalu niatnya menguap begitu saja dengan pertimbangan (baca: alasan yang dibuat-buat) ngga bisa di kolam yang saya mau, mahal, kayaknya impossible banget cuma beberapa sesi bisa, takut ngga terbukti, dll.

Bulan lalu saya ketemu sepupu dari Bandung, yang bersama suaminya, khusus ke Jakarta untuk belajar renang, seperti dugaan saya, bener aja, mereka belajar renang di belajarrenang.com.Info dari sepupu saya pertemuan ke-3 udah bisa berenang.
Langsung deh saya contact lagi, semi-private bareng kakak.

Ternyata, diluar dugaan kami, dihari pertama, kamu sudah bisa berenang menurut definisi kami, yaitu berpindah tempat beberapa meter tanpa alat bantu & tidak menapakkan kaki di dasar kolam Ini prestasi luar biasa buat kami. Pertemuan berikutnya, berenang di kolam sedalam 2.85 meter & berhenti di tengah-tengah tidak menakutkan lagi buat kami, terutama karena yakin instrukturnya pasti ngawasin :p

Ngebayangin mulai besok bisa asyik nemenin anak berenang, ngga cuma nungguin di pinggir kolam itu rasanya AMAZING BANGET!!! 😀

Makasih banget banget belajarrenang.com & mas Koerniawan yang ok banget dan telaten ngajarinnya.

Belajar renang? JUST DO IT!
Because everyone can swim. “

Testimoni lengkap belajar renang bisa lihat disini : http://belajarrenang.com/testimoni/

BELAJAR RENANG UNTUK DEWASA, TIDAK SULIT !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *