renang saat puasaRamadhan, Bulan dimana kita diberi kesempatan untuk bisa bersabar dan hidup lebih sederhana. Menurut saya loh…..!! Bulan ini bulan yang istimewa dimana malam seperti siang dan siang seperti malam. Tukang jajan tutup di siang hari dan buka di malam hari. Jadi harus sabar ya kalo lapar nyari tukang gorengan yang biasa mangkal di perempatan tidak ada. heheheheh…

Bulan yang takjub dan sederhana seharusnya, karena setelah seharian berpuasa saya sudah cukup kenyang dengan takjil 3 biji korma dan 1 gelas teh hangat,..kalau di kalkulasi harga hanya Rp. 4000,- dan Sahur cukup dengan sayuran hijau, lauk telur dadar dan nasi putih plus air putih,..kalo beli di warteg cuma Rp. 10.000,- Total buat makan cuma  Rp. 14.000,- Sehari ( Sederhana kan), nah kalo tiap hari diterapin seperti bulan puasa,…saya sudah bisa menyimpan banyak uang…(lumayan bisa beli baju renang or perlengkapan renang lainnya)…Tapi sayang saudara saudara..sulit juga hidup sederhana seperti diatas. Kuliner Indonesia maha Dahsyat enaknya,….sayang kalo tidak dinikmati….Gubraaak!! yang penting maknyus….
Puasa di terik matahari, puasa di lokasi terbuka memang sesuatu banget,…Rasa haus lebih menyiksa,….keringat sudah keluar 1 ember tapi tidak ada air yang masuk….luar biaaasaaa…Lebaaay !! tapi ya begitu, puasa kalo cuma makan tidur makan tidur, gak berasa nikmatnya,….
Kenikmatan bertambah ketika bulan puasa bisa beraktifitas seperti biasa, tidak membedakan aktifitas sebelum dan saat puasa. Aktifitas saya di Senin sampai Jumat sebagai Pekerja kantoran, dan Sabtu Minggu sebagai Pelatih Renang. kalo senin sampai jumat saya anggap aman, tapi kalau Sabtu Minggu….Berenang?!? Wew Kondisi yang luar biasa,…Panas terik seharian di kolam renang….
Asyiknya berenang di bulan puasa, …..
LOH memang tidak membatalkan PUASA?…awalnya saya beranggapan sama,…tapi setelah menanyakan ini ke Orang Tua, Mertua dan Kaka plus Konsultasi di Web..saya mendapatkan jawaban seperti ini….
Pertanyaan:
Apa hukum berenang di pantai atau di kolam renang di siang hari Ramadhan?

Jawaban:
Kami katakan, tidak apa-apa orang yang sedang berpuasa berenang di pantai atau kolam renang. Baik itu kolam yang dalam ataupun yang dangkal, ia boleh berenang dan berendam sesukanya, hanya saja harus berusaha semampunya agar air tidak sampai masuk ke dalam tenggorokannya. Renang bisa menambah semangat dan membantunya dalam melaksanakan puasa. Apapun hal yang bisa menambah semangat dalam menaati Allah, maka itu tidak terlarang, karena hal tersebut dapat meringankan beban ibadah pada seorang hamba dan memudahkannya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman mengenai puasa,
يُرِيدُ اللهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ
“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran abgimu. Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu.” (Qs. al-Baqarah: 185)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun telah bersabda,
إِنَّ الدِّيْنَ يُسْرٌ وَلَنْ يُشَادَّ الدِّيْنَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ
“Sesungguhnya, agama ini mudah dan tidaklah seseorang berlebihan dalam menjalankan agama, kecuali ia akan terkalahkan.” (HR. al-Bukhari)
Dari itu, boleh berenang di kolam renang atau lainnya. Wallahu a’lam.
Syaikh Ibnu Utsaimin, Masa’il ‘an ash-Shiyam, Dar Ibnul Jauzi, hal. 32
Sumber: Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 1, Darul Haq, Cetakan VI, 2009

setelah mendapat jawaban diatas, saya semakin yakin dan semangat untuk berenang..Sungguh Asyik berenang dibulan ramadhan, karena area kolam jadi SEPI dan saya bebas BERAKSI. Jadi Bukan asyik ngadem didalam air sambil minum air kolam yak..!!
Loh memang tidak takut kemasukan air kedalam tenggorokan? 
Alhamdulillah Nggak Tuh dan Siapa Juga yang mau Minum Air Kolam,…heheheeh
So, Asyiknya Berenang di Bulan Puasa…Kolam Terasa Lega,….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *