WATER RESCU ATAU PERTOLONGAN DI AIR?

Pertolongan di air
Biasanya ketika saya masuk kolam renang yang pertama kali saya baca adalah aturan Kolam renang dan melihat ketersediaan perlengkapan safety dan tentunya apakah ada Lifeguard yang bertugas atau tidak. Ini sebagai salah satu upaya saya ketika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan saya bisa bertidak secepat mungkin.
Pertolongan yang tepat dan cepat menjadi sebuah penentu keberhasilan dalam kedaruratan di air, dalam waktu yang singkat seorang penolong sudah harus menentukan cara pertolongan yang ingin dilakukan, dengan alat atau tanpa alat tertentu dan bagaimana cara menggunakan alat tersebut.
Dalam kejadiannya bisa menilai situasi korban apakah dalam kondisi sadar atau tidak sadar, dalam posisi seperti apa dan dimana, kemudian menentukan pertolongannya seperti apa.
Walaupun saya bisa berenang dan terlatih melakukan pertolongan tanpa alat, saya tetap mengikuti prosedur standar pertolongan yang berlaku dengan cara;

1. REACH, Menggapai korban dengan menjulurkan Tongkat, kayu , pelampung stik
2. THROW, Menggapai korban dengan melemparkan pelampung, Tube, Tali
3. ROW, Menggapai korban dengan mendayung dengan Ban, Tube atau perahu
4. GO, Menggapai korban dengan Berenang jika tidak ada alat bantu apapun yang bisa digunakan, dan cara ini adalah cara yang paling beresiko dan tidak disarankan jika belum terlatih melakukan pertolongan dengan baik.

Lalu bagaimana jika tidak ada alat dan tidak bisa berenang?

Kita bisa BERTERIAK sekeras mungkin untuk meminta pertolongan atau MENGHUBUNGI nomor gawat darurat sesegera mungkin.

Jago berenang belum tentu jago dalam pertolongan?

Heroisme seringkali muncul ketika melakukan pertolongan, terlebih lagi yang menjadi korban adalah sanak keluarga atau teman dekat, tanpa pikir Panjang biasanya akan langsung memberikan bantuan apapun, walaupun hasilnya penolong malah akan menjadi korban berikutnya.

Pernah ada kasus di kolam renang Tangerang, ketika ada anak yang nyaris tenggelam kemudian ibu korban yang tadi sedang asyik main gadget berteriak dan langsung melompat kedalam kolam, sang ibu tidak bisa berenang dan apa yang terjadi?

#waterrescue
#lifeguard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *