water rescue atau pertolongan di air menggunakan Pelampung ring/Lifebuoy

Saat kemarin saya sudah membahas bagaimana melakukan pertolongan dengan lifehook, kali ini saya bahas bagaimana melakukan pertolongan menggunakan Pelampung Ring ( Life Buoy/ Life Ring)
Pelampung ring yang saya temui dibeberapa kolam terbuat dari berbagai macam bahan seperti plastik pvc, fiber, foam, spon dan banyak lagi lainnya.

Pelampung ring berbahan pvc dan fiber memiliki karakteristik yang sama. Cendrung lebih berat, lemparan tidak terlalu jauh, tahan lama dan memiliki resiko lebih tinggi.

Sedangkan pelampung foam dan spon lebih ringan, lemparan bisa lebih jauh, tidak tahan lama dan memiliki resiko penggunaan lebih rendah.

Biasanya pelampung ring berwarna terang seperti merah atau oranye, dipasangkan tali pegangan yang dapat memudahkan korban untuk meraih pegangan.

Tingkat penggunaan tidak semudah menggunakan lifehook, dan menggunakan pelampung ini memiliki resiko yang cukup serius jika lemparan mengenai korban yang dapat mengakibatkan cidera atau mungkin korban sadar menjadi tidak sadar.

Kali ini kami latihan dikolam renang Sepolwan / Sespima dengan pelampung ring berbahan PVC yang tebal dan berat.

Terlatih agar pertolongan lebih cepat dan lemparan tepat sasaran .

Teknik Pertolongan dengan Pelampung Ring

1. Panggil korban sekeras mungkin untuk mencari perhatiannya.
2. Minta korban untuk tetap tenang (ambil napas dan tahan)
3. Penolong memposisikan kaki kuda-kuda (keseimbangan) kemudian Lemparkan pelampung ke dekat korban (samping kiri, kanan atau depan)
4. Minta korban untuk meraih pelampung dan atur napas agar tetap tenang.

Akan lebih baik jika pelampung ring dapat dikombinasikan dengan tali lempar, ketika korban sudah meraih pelampung,penolong bisa langsung menarik korban dengan segera dan yang paling penting mengurangi resiko lainnya.

Minta korban untuk perlahan ke tepian kolam. jika tidak bisa, penolong bisa bantu korban ketepian. Minta atur napas sembari menenangkan diri, jika sudah tenang dapat bantu naik keatas kolam dan temani.

Prev 1 of 1 Next
Prev 1 of 1 Next

 

 

@widyalsty

#lifeguard
#waterrescue
#renangajakteman
#lifebuoy
#lifering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *