Poenyakoer.com adalah adalah weblog personal milik Kurniawan yang membahas tentang Dunia Renang, Dunia Motor, Dunia First Aid dan Arakhai. 

Sejarah nama ini mulai tercetus ketika saya masih aktif di beberapa forum di Kapanlagi.com, KafeGaul.com dll. saat itu saya masih menggunakan id yang berganti ganti, dari nama aseli, nama samaran, dan nama lainnya. Sampai satu saat ada kegiatan bersama Komunitas Kapanlagi.com untuk mengadakan kegiatan gathring di Jogja, pada persiapan panitia kegiatan tersebut, saya mulai mempublikasi nama panggilan saya yang baru, yakni “poenyakoer” sama dengan Punyakur, jika di definisikan, Punya adalah kata untuk menunjukan kepemilikan sesuatu, dan Kur adalah panggilan dari Kurniawan. 

karena pada saat itu sedang trandy nama nama jadoel, maka punyakur dirubah menjadi poenyakoer.

ini dibuat hanya untuk mempermudah pencarian atas nama saya yang begitu jamak dan sederhana. Nama Kurniawan hampir dimiliki oleh banyak nama di Indonesia, dan ketika melakukan pencarian atas nama saya di internet maka akan ada ribuaan orang yang terpampang. 

untuk mempermudah mencari saya cukup ketik poenyakoer di mesin pencarian kawan-kawan.

maka inilah saya.

My Life Mission

Belajar menjadi hal terpenting dalam hidup saya, setiap kesempatan yang ada dimaksimalkan untuk mendapatkan pembelajaran, sumbernya pun tidak memandang usia dan jabatan. Jika terdapat ilmu didalamnya yang dapat memperb

aiki diri untuk memiliki manfaat lebih untuk orang lain, maka disanalah saya berada. Belajar dari masalalu, belajar saat ini dan belajar untuk masa depan. Baik, Buruk, Salah, Gagal, Jatuh buat saya hanyalah proses pembelajaran yang terbentuk menjadi sebuah pengalaman. Belajar untuk melapangkan dada merendahkan hati, membuka otak dan menjaga lidah. Berbagi kepada siapapun yang membutuhkan saya sebagai teman belajar, mencurahkan diri pada manfaat yang bisa membantu banyak orang, berbagi kail yang dapat menghasilkan ikan lebih banyak. Bahagia karena kehadiran diri menularkan kebahagian buat orang orang disekitar saya.

Memberdayakan minat agar menjadi Manfaat (Empower my Passion)

 

Saat ini saya sedang meminati beberapa aktifitas seperti First Aid, Momotoran, Renang dan Arakhai

First Aid kali pertama saya dengar ketika tahun 1997 saya masuk PMR di SMK Lebak Bulus Jakarta, Kala itu PMR di latih oleh kak Hergus, pembelajaran pada saat itu masih berfokus pada pembalutan dengan menggunakan mitela, membaca buku-buku referensi First Aid dari St. John, Buku P3K Pramuka, dan Buku Pertolongan Pertama milik PMI. tapi tetep pada prakteknya kita masih fokus pada pembalutan saja. Tahun 2002 saat saya bekerja di Markas PMI dan masuk menjadi anggota KSR PMI Jakarta Selatan saya mengenal sosok dr. Siswo P. Santoso (Chico) yang saat itu sedang giat untuk menularkan keilmuan first aid dan kak Winggit Wiguno secara teknis yang mengajarkan first aid dari CPR sampai dengan evakuasi. Dari KSR PMI Jakarta Selatan saya mulai mengenal sosok sosok penggiat First Aid dan menyerap secara perlahan prinsip prinsip pertolongan dari mereka. Momentum yang paling membahagiakan kala itu adalah ketika kita belajar diskusi, simulasi dan repitisi sebuah buku dari si penulis buku. Alhamdulillah sampai saat ini masih belajar pada orang yang sama dan teman seperjuangan yang sama.

Momotoran, Amazing Journey Starts Here, saya membeli sebuah motor Yamaha Jupiter Z tahun 2005, setelah beberapa tahun sebelumnya belajar dan menunggangi motor orang lain buat coba coba berkendara. Selama 3 tahun saya menikmati kebersamaan bersama Jupiter mengelilingi jalan jalan di ibukota sampai akhirnya jalanan ibukota sudah jenuh untuk di lewati. Sampai suatu sore tahun 2008 saat ada kegiatan dengan temen temen KSR Jakarta Selatan di Bumi Apiari Ragunan saya melihat sosok motor berwarna merah begitu gagah dan mempesona, saya mulai mencari info dan menemukan jawaban. Ternyata itu adalah Motor Pulsar yang di produksi Bajaj India, info spesifikasi dan harga kala itu cukup mencengangkan karena dengan harga yang relatif murah sudah menyaingi motor buatan jepang. Jeda berharap dan realisasi berjarak 1 tahun. 2009 saya membeli motor pulsar 180cc berwarna hitam dan saya beri nama Blackchamp. jalan jalan ibukota mulai ditembus dengan kecepatan. berkawan dengan motor sejenis menjadi incaran, kala itu bengkel motor menyarakan saya untuk ikut komunitas motor Pulsarian dan akhirnya saya memilih prides-online.com sebagai tempat mencurahkan. Berkenalan satu sama lain dalam forum, berbagi info Trip Perjalanan dalam balutan Riding Report dan banyak lagi lainnya. mencoba single riding ke tempat tempat menarik di wilayah Bogor dan lain sebagainya. Sampai akhirnya  saya vakum di 2010 dan 2013 mulai aktif kembali hingga saat ini.

Renang, saya tidak takut air namun saya tidak bisa renang. walaupun sudah sejak 2002 main di air bersama KSR PMI Jakarta Selatan dan Arus Liar kemampuan saya masih sebatas saat menggunakan lifejaket. Saya mulai belajar renang ketika saya bekerja di Safetycode tahun 2013 diberi kesempatan oleh Mas Adhi Nugroho dan Dion belajar bagaimana cara berenang yang mudah dan efektif. Kolam Villa Melati Mas menjadi tempat latihan pertama saya sampai akhirnya kolam tersebut tutup. Saat ini renang menjadi kegiatan yang paling sering saya lakukan, bertemu dengan orang baru dan wawasan baru. Belajar dan mengembangkan aktifitas renang sampai bisa dinikmati banyak orang.

Arakhai, ini adalah kesemuanya, Kesempatan kedua yang diberi dan harus saya jaga. Saya menikah dengan Cori dan memiliki Putra Putri darinya. Sekarang pangil saja Ara dan Khai, saya ingin menikmati kebersamaan bersama mereka.

Ini semua kisah untuk arakhai.

EMPOWER MY PASSION

Poenyakoer.com – Copyright © 2019 All rights Reserved.